Translater

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 29 Juli 2017

Kunjungan ke Desa Loa Kumbar

Ditulis Oleh : Taufiq Badaruddin


Sabtu, 29 Juli 2017, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim dan teman teman GPMB Kaltim didampingi oleh inisiator bina desa BEM Unmul melakukan survei di Loa Kumbar Kelurahan Loa Buah Kota Samarinda. Loa Kumbar adalah suatu wilayah eks perusahaan plywood PT. Wana Rimba Kencana (WRK) yg saat ini dihuni sekitar 87 KK dgn jumlah penduduk 321 jiwa. Penduduknya 98% warga bugis dgn mata pencaharian petani pisang. 

Wilayah Loa Kumbar merupakan salah satu RT di wilayah kelurahan Loa Buah Samarinda. Akses ke wilayah ini dapat ditempuh melalui darat dan sungai dengan jarak tempuh sekitat 1 jam. Wilayah ini sampai saat ini belum dialiri listrik PLN dan air dari PDAM. Jaringan listrik sudah dibangun PLN dan info dari pak RT setempat akan diresmikan pertengahan bulan Agustus 2017. Di Loa Kumbar sdh memiliki TK dan SD Filial. Murid TK hanya berjumlah 7 orang dan murid SD berjumlah 38 orang.

Permasalahan yang ditemui oleh warga Loa Kumbar seperti yang dituturkan Ketua RT Loa Kumbar dan bapak Abdullah yang juga merangkap sebagai Kepala sekolah di SD Filial Loa Kumbar adalah : 


  1. Minimnya akses terhadap bahan bacaan/buku buku. 
  2. Minimnya kemampuan teknis/kreatifitas warga/ibu ibu dalam industri pengolahan pisang. 
  3. asar untuk memasarkan kriping pisang yang dibuat ibu ibu di Loa Kumbar belum terstruktur. 
Semoga TIM GPMB bisa bekerjasama untuk membantu mengurangi dan mengatasi 3 permasalahan yang tengan dihadapi oleh Warga di Desa Loa Kumbar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar